Rabu, 20 Juni 2012

MANFAAT PETAI

Petai mungkin banyak orang yang tidak menyukainya . dan banyak juga dianggap makanan yang tidak bergengsi . tapi mkanan ini mempunyai mabfaat yang cukup banyak  berdasarkan penelitina beberapa ahli di luar negeri (dikutip dari majalah nirmala)


  1. Depresi , petai mampu meredakan depresi karena mengandung protein triptofan yang didalam tubuh di ubah menjadi serotonin yang dapat membuat tubuh kita relax serotonin mampu membuat kita lebih bahagia.
  2. PMS (pra menstruasi syndrom) berbagai perasaan tidak enak menjelang menstruasi seperti migran atau sakit kepala , uring uringan ,sakit dibawah pusar dan lain -lain . dapat diredakan dengan menyantap petai .tidak perlu minum pil. ini dikarenakan petai mengandung vitamin B6 yang bersifat menenangkan an mengatur kadar gula darah.
  3. Anemia .kandungan zat besi yang tinggi dalam petai , dapat menstimulasi produksi sel sel darah merah sehingga petai dapat meredakan anemia.
  4. Tekanan darah tinggi . petai mengandung kadar kalium yang tinggi tapi rendah garam sehngga menyebabkan mampu memerangi tekanan darah tingii . begitu sempurnanya kadar kalium ini sehingga FDA amerika mengizinkan perkebunan petai melakukan klaim resmi mengenai kemampuan buah ini untuk menurunkan resiko tekanan drah tinggi .
  5. Kemampuan otak , sejumlah siswa di Twickenham, Middlesex ,Inggris yang menepuh ujin akhir diberi makan petai saat srapan dan makan siang. hasil pantauan mereka merasa tidak kesulitan menyelesaikan soal -soal ujian . riset menyatakan bahwa mengandung kalium yang tinggi sehingga membuat para siswa dalam kondisi waspada. 
  6. Sembelit . kandungan serat yang tinggi , membuat petai mempermudah BAB danmasalah pencernaan lainnya .
  7. Kekenyangan petai yang memiliki efek antacid membuatnya mampu meredakan rasa tidak nyamam (panas didada) yang disebabkan kekenyangan .
  8. Mual di pagi hari . makan petai diantara jam makan akan membuat kadar gula darah stabil dan terhindar dari mula dan muntah .
  9. Gigitan nyamuk . tak perlu obat anti nyamuk gunakan saja bagian dalam kulit petai gosokan pada kulit anda . dijamin nyamuk pasti menghindar.
  10. Mengatur suhu tubuh , sebagai buah yang memiliki energi yin (dingin ) petai dipercaya mampu menurunkan suhu tubuh dan emosi terutama bagi ibu hamil . ini di praktikan di Belanda.
  11. Luka lambung . petai mampu menjaga kesehatan pencernaan dengan menetralkan asam lambung dan mengurangi iritasi 
  12. Merokok , petai dapat membantu anda yang ingin berhenti merokok. vitamin B6 dan B12 bersama kalium dan magnesium yang dikandung petai dapat memmbantu anda dengan cepat menyembuhkan efek ketagihan rokok.
  13. Stres . disaat kita stres tubuh kita kehilangan mineral kalium . dengan menyatap petai yang mengandung kalium tinggi maka tubuh akan diseimbangkan kembali.
  14. Stroke . penelitina yang dimuat dalam The New England Journal Of Medicine . meyatakan bahwa menyantap petai sehari hari dapat menurunkan resiko stroke sampai 40%.

nah setelah kita menyimak semua itu tak dapat disangkal bahwa petai merupakan salah satu superfood karena itu jangan lagi menghina petai .. dan karena para ahli barat  menbandingkanya dengan apel . maka  agaknya sudah saatnya kita mengubah pemeo "an apple a day keeps the doctor away" menjadi "a petai a day keeps thedoctor away " nahhh :))
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar